rootsrocknrollreggae

Senin, 25 Juli 2011

Foto-foto langka Bob Marley dirilis


Puluhan foto-foto langka Bob Marley yang belum pernah dilihat dunia dirilis bertepatan dengan peringatan 30 tahun kematian sang raja musik reggae itu.

Foto-foto langka itu terdapat dalam buku yang dirilis fotografer Kim Gottlieb-Walker yang sejak 1970-an mengikuti karir Bob Marley
Bob Marley yang secara luas dikenal sebagai musisi reggae sangat dihargai karena upayanya memperkenalkan musik asli Jamaika itu beserta gerakan Rastafarian ke seluruh penjuru dunia.

Foto-foto karya Kim Gottlieb-Walker ini merupakan foto-foto Bob Marley yang lebih personal bukan citra di atas panggung yang selama ini dunia kenal.
Foto-foto itu menampilkan Bob tengah duduk bercengkerama di rumah bersama teman-temannya, menyusuri jalanan kota dengan mobil Cadillacnya atau bersantai sambil mengisap mariyuana.

Musisi bernama lengkap Robert Nesta Marley ini mendunia lewat lagu No Woman No Cry yang sebenarnya berkisah soal kemiskinan di Jamaika.

Harta karun

Sebagai seorang fotografer, Kim berkesempatan melewatkan dua tahun di akhir 1970-an bersama Bob untuk mengambil fotonya dari kejauhan dan mendokumentasikan setiap kegiatannya.

“Ternyata saya tak menyadari sudah menemukan harta karun“

Kim Gottlieb-Walker

Kini Kim membawa foto-foto Bob Marley yang tak pernah dipublikasikan itu ke London, setelah ‘harta karun’ itu tersimpan di lemarinya selama 30 tahun lebih.

Beberapa foto bahkan sangat fenomenal, seperti Bob Marley yang bertelanjang dada, hanya mengenakan celana jeans dengan wajah sendu atau Bob saat mengendarai Cadillac beratap terbuka menyusuri jalanan dengan rambut gimbalnya berkibaran.

Foto lainnya menampilkan sang legenda tengah bersantai di kediamannya sambil membaca surat kabar.

Lalu apa alasan Kin menyimpan harta ini begitu lama dari publik?

“Ini adalah kesempatan pertama saya memiliki waktu untuk memeriksa arsip foto saya,” kata Kim.

“Saya tidak pernah mencetak foto-foto itu. Saya mulai memeriksa lagi dan melihat negatifnya,” tambah dia.

“Ternyata saya tak menyadari sudah menemukan harta karun,” tegasnya.

Bob Marley dilahirkan di Saint Ann, Jamaika 6 Februari 1945. Dia meninggal dunia di Miami Florida pada 11 Mei 1981 dalam usia 36 tahun.

Hingga saat ini Bob Marley masih dianggap satu-satunya musisi papan atas dunia yang berasal dari negeri berkembang.

Di bawah ini foto Foto langka Bob Marley :

Kim Gottlieb Walker mengatakan karyanya berbeda dengan hasil jepretan paparazi karena ia selalu meminta ijin sebelum mengambil foto-foto orang.

Dalam musiknya, Bob Marley mengangkat pesan persaudaraan dan cinta. Ia mengangkat pentingnya manusia saling mencintai.

Bob Marley tetap dikenal sebagai musisi reggae legendaris dunia. Ia menyebarkan musik Jamaika dan gerakan Rastafari ke seluruh dunia. Bob meninggal pada usia 36 tahun pada 11 Mei 1981 karena kanker.

Tiga puluh tahun setelah kematian Bob Marley, fotografer Kim Gottlieb Walker mencari lagi foto-foto penyanyi yang pernah dia ambil dan terlupakan. Sejumlah diantaranya dipamerkan di London dan kemudian di Paris serta Amsterdam.

Perdana Menteri Jamaika Edward Seager mengatakan, “Bob Marley adalah orang yang meninggalkan jejak. Pria seperti itu tidak akan pernah hilang dari benak.” Foto-foto karya Kim Gottlieb Walker.

Bob Marley mengatakan ada dua orang yang mempengaruhi hidupnya, yaitu Marcus Garvey dan King Haile Sellasie dari Ethiopia. Pesan yang ia angkat adalah repatriasi orang kulit hitam ke Afrika.

Selama hidupnya, Bob Marley selalu menghadapi pertanyaan soal identitas rasialnya. Ayahnya adalah orang kulit putih sementara ibunya kulit hitam

Tantangan terbesar Bob Marley adalah memperkenalkan musiknya kepada publik Amerika. Pada tahun 2001 ia mendapatkan penghargaan Grammy Lifetime Achievement.

Kim Gottlieb Walker mengambil foto ini saat Marley dan bandnya, the Wailers, menuju tempat pertunjukan. Kim mengatakan ia melambaikan tangan dan Bob Marley membalas dengan tersenyum.

Source : http://vibration.blogdetik.com

Tidak ada komentar: